Ayumajakuning

Ekstrakurikuler Berprestasi, PPDB SMPN 1 Tukdana Indramayu Dibanjiri Siswa

INDRAMAYU- Minat siswa baru belajar di SMPN 1 Tukdana cukup tinggi. Terbukti, meski jadwal penerimaan siswa baru masih belum dibuka tetapi ratusan Siswa sudah antri mendaftar di meja panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). “Sudah lebih dari dua ratus siswa yang antri menunggu pembukaan PPDB tahun ajaran 2023/2024, ” kata Kepala SMPN 1 Tukdana, H.Casipan melalui H. Warlan kepada “Kacenews.id” kemarin di kantornya.

Ia mengungkapkan, pembukaan PPDB dimulai tanggal 26 Juni – 3 Juli 2023. Tanggal 4 Juli 2023 pengumuman PPDB. Siswa baru yang diterima akan melakukan daftar ulang pada tanggal 5 – 10 Juli 2023.

Untuk SMPN 1 Tukdana target PPDB tahun ajaran baru sekarang sepuluh rombongan belajar (Rombel). Atau sebanyak 320 siswa baru untuk kelas tujuh. Tahun sebelumnya jumlah siswa baru sebanyak sepuluh rombel.

Artinya, kata H Warlan, setiap tahun siswa baru selalu memenuhi SMPN 1 Tukdana. Ditengarai tingkat kepercayaan masyarakat setempat cukup tinggi di sekolah. Hal lain, kata guru senior ini, bidang ekstrakurikuler menjadi salah satu daya pikat siswa baru. Bidang non pendidikan banyak pilihan untuk menyalurkan hobi dan bakat siswa.

Seperti, Pramuka, PMR, PKS dan Paskibra. Cabang olahraga diantaranya, sepakbola, futsal, voli, silat, sepaktakraw, dramband dan basket. Jenjang prestasi yang pernah diraih pada bidang olahraga sepaktakraw melahirkan pesepaktakraw nasional.

Bidang akademik menciptakan siswa yang unggul prestasi, dan berkarakter. Siswa tidak hanya belajar kecerdasan akademik saja tetapi belajar etika dan moral. Selain itu, kedisiplinan siswa, tenaga pendidik dan kependidikan terus diintensifkan.

“Menjalin kerjasama yang baik di internal dan eksternal seperti masyarakat dan stake holder. Harapannya, siswa yang dididik di sekolah ini menjadi siswa yang baik, dan berprestasi sehingga menjadi kebanggaan orang tua dan sekolah, ” katanya.

Ketua PPDB SMPN 1 Tukdana, Masnun membenarkan sudah ratusan siswa yang mendaftar di panitia. Untuk jalur PPDB meliputi jalur afirmasi, zonasi, perpindahan tugas orang tua dan prestasi. Semua jalur memiliki perbedaan masing-masing yang harus dipahami calon siswa SMP. “Optimis, target sepuluh rombel terpenuhi di SMPN 1 Tukdana, “tegas Masnun.(Nir)

Back to top button