Ayumajakuning

Kuningan Tuan Rumah, Kota Surabaya Juarai Potradnas IX

KUNINGAN, (Kacenewsid).-Kota Surabaya berhasil menjadi juara umum Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) IX/2023, di Open Space Gallery (OSG) Kabupaten Kuningan, pada Selasa-Rabu (13-14/6/2023).

Dalam even  yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini, kontingen Kota Surabaya  menyabet 1 medali emas dan 2 perak.

“Selamat kepada Kota Surabaya yang berhasil meraih juara umum pada Potradnas kali ini,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama yang diwakili Asisten Pemerintahan Setda, H. Nurahim ketika menutup Potradnas IX, Rabu (14/6/2023).

Related Articles

Menurutnya,   perlombaan olahraga tradisional (otrad) yang sudah ke-9 kalinya digelar setiap dua tahun sekali, merupakan bemtuk pemeliharaan terhadap budaya daerah yang merupakan bagian dari budaya nasional.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Kuningan  menjadi tuan rumah pada even nasional kali ini.

“Kami mohon maaf apabila ada pelayanan dan fasilitas yang belum memuaskan semua pihak pada even ini,” katanya.

Sementara itu, dari data Panitia Kemenpora RI diperoleh hasil lomba, yakni Kota Surabaya  mengemas 1 medali emas dan 2 perak. Disusul Provinsi Banten dengan 1 medali emas dan 1 perunggu, Provinsi Kalimantan Timur dengan meraih 1 medali emas dan 1 perunggu serta Provinsi Jawa Timur meraih 1 medali emas. Kemudian Provinsi Kepulauan Riau menyabet 1 medali emas, Provinsi Jawa Barat raih 1 medali perak dan 1 perunggu, Provinsi Bengkulu dengan 1 medali perak, Kabupaten Buleleng 1 medali perak, Provinsi Bali 1 medali perunggu dan Kota Balikpapan mendapatkan 1 medali perunggu.

Sedangkan dari 5 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Potradnas IX,  dari  egrang putra, juara ke-1 adalah Provinsi Banten, juara ke-2 Kota Surabaya dan juara ke-3 Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian  terompah panjang putra, juara ke-1 Kota Surabaya, juara ke-2 Provinsi Bengkulu dan juara ke-3 Provinsi Bali. Lalu hadang putri,  juara ke-1 Provinsi Jawa Timur, juara ke-2 Provinsi Jawa Barat dan juara ke-3 Provinsi Banten. Untuk gasing putra, juara ke-1 Provinsi Kepulauan Riau, juara ke-2 Kabupaten Buleleng dan juara ke-3 Kota Balikpapan.  Kemudian sumpitan, juara ke-1 Provinsi Kalimantan Timur, juara ke-2 Kota Surabaya dan juara ke-3 Provinsi Jawa Barat.(Yan)

Related Articles

Back to top button