Ayumajakuning

Kunker Komisi V DPR RI Dapat Mendorong Akselerasi Pembangunan di Indramayu

INDRAMAYU, (Kacenewsid).-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu menerima kunjungan kerja (kunker) spesifik anggota Komisi V DPR-RI di Ruang Rapat Ki Tinggil, Senin (12/6/2023).

Sebelum melakukan pertemuan, rombongan anggota Komisi V DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Roberth Rouw, dengan didampingi Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina dan jajarannya, meninjau titik lokasi proyek strategis nasional, yakni Rentang Irrigation Modernization Project di Desa Rancajawat, Kecamatan Tukdana, Pantai Lombang dan Karangsong serta aliran Sungai Prajagumiwang di Desa Pabean Udik.

Bupati menyampaikan, Pemkab Indramayu sangat menyambut baik kehadiran anggota Komisi V DPR RI di wilayahnya. Sehingga diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Komisi DPR RI, yang di antara tugasnya adalah membidangi infrastruktur untuk mengakselerasi pembangunan di Kabupaten Indramayu. Agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

“Kami siap berkolaborasi dengan Komisi V beserta mitranya, terkait pembangunan yang ada di Kabupaten Indramayu,” katanya.

Sementara itu, Roberth Rouw mengungkapkan, kunker spesifik dilakukan dalam rangka melakukan monitoring secara langsung pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur di bidang sumber daya air (SDA),  yang sedang berlangsung maupun yang akan diusulkan oleh Pemkab Indramayu dengan sumber pembiayaan dari APBN dan lainnya.

“Sebagaimana kita ketahui, Kabupaten Indramayu sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa, pembangunan untuk modernisasi irigasi rentang sangat dibutuhkan saat ini dan waktu mendatang karena bertujuan untuk ketahanan pangan nasional,” tuturnya.

Menurutnya, pembangunan pemecah ombak (Breakwater) di sepanjang bibir pantai di wilayah Kabupaten Indramayu menjadi perhatian serius. Karena bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir rob yang sudah sering melanda beberapa daerah di Kabupaten Indramayu.

“Kami mengimbau kepada mitra Komisi V DPR-RI yaitu Kementerian PUPR untuk fokus perhatiannya terhadap pembangunan serta sarana infrastruktur ini dan menjalin komunikasi serta koordinasi yang aktif dengan Pemkab Indramayu,” katanya.

Ia mengemukakan, melalui kunker spesifik ini, Komisi V DPR RI ingin melihat dan mendengarkan secara langsung bagaimana mitra Komisi V DPR RI sebagai pelaksana kegiatan pembangunan sarana prasarana infrastruktur di Provinsi Jawa Barat dan juga menginventarisir permasalahan yang mungkin ditemukan dalam kegiatan pembangunan pembangunan infrastruktur di bidang sumber daya air tersebut.

“Diskusi dan dengar pendapat yang dilakukan pada pertemuan ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk komisi V DPR-RI,” ujarnya.

Pada pertemuan tersebut, Plt. Sekda  Kabupaten Indramayu, Aep Surahman memaparkan usulan dalam pembangunan sarana dan prasarana Infrastruktur SDA serta transportasi di Kabupaten Indramayu.

“Kami mohon dari Komisi V DPR-RI, bisa memfasilitasi mitranya yaitu Kementerian PU untuk mengakomodir usulan pembangunan di Kabupaten Indramayu,” katanya.(Ratno)

 

 

 

Related Articles

Back to top button