CirebonRaya

Jelang Iduladha, Distan Akan Periksa Hewan Kurban

CIREBON – Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon mulai menyebarkan label sehat untuk hewan kurban di wilayahnya. Bahkan pada Senin (12/6/2023) sebanyak 4.349 label sehat untuk hewan kurban sudah di distribusikan.

Sub Koordinator Kesehatan Masyarakat Feteriner pada Dinas Pertanian, Dwi Lina Agustina mengatakan pihaknya baru mendistribusikan 800 label sehat dari 4.349 label sehat berbentuk peneng telah didistribusikan ke UPTD yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Tadi kita sudah mendistribusikan 800 label sehat dalam bentuk peneng ke setiap UPTD yang ada di Kabupaten Cirebon. Antara lain, UPTD Arjawinangun, UPTD Kaliwedi, dan UPTD Ciledug,” katanya di Sumber, Senin (12/6/2023).

Ia mengungkapkan setelah diterima oleh masing-masing UPTD. Label sehat tersebut akan didistribusikan ke setiap kandang dan dipasang ke hewan kurban, pada Selasa (12/6/2023). Bahkan saat pemasangan label sehat nanti, UPTD atau Puskeswan membawa data catatan kesehatan hewan.

Hanya hewan yang sudah diperiksa yang nanti mendapatkan label sehat. “Besok dari Puskeswan ke lapangan berikut membawa data kesehatan dan label sehat. Label sehat dipasangkan ke hewan yang sudah kita periksa saja,”ujarnya.

Lanjut Dwi, saat ini baru 800 label sehat yang didistribusikan. Tapi pada Kamis depan, pihaknya akan kembali membagikan label sehat sebanyak dengan total 4.349.

Sehingga, menjelang Idhuladha 1444 Hijriah nanti, semua label sehat sudah menempel pada hewan kurban yang sedang dijual itu.”Semua label sehat berbentuk Peneng ini akan kita distribusikan semua pada Kamis depan,” katanya.

Dwi menjelaskan untuk hewan kurban yang terus berdatanganan dari luar Kota, Distan bakal terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sampai dengan H-1 lebaran Iduladha. Hal itu, untuk memastikan setiap hewan kurban yang disembelih sehat secara fisik dan juga memenuhi syarat dari syariat agama.

“Untuk pemeriksaan sebelum dipotong atau Antemortem dilakukan sampai H-1 hari Raya Idul Adha. Sementara pemeriksaan setelah pemotongan atau Postmortem dilakukan saat penyembelihan kurban,” katanya.

Sementara untuk ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Cirebon, Distan masi mendata hewan yang masuk ke Kabupaten Cirebon. Sampai saat ini, tercatat baru ada 1220 sapi dan 3.613 domba yang sudah terdata oleh petugas. Terutama kurban datang melalui cek poin dan pemeriksaan lewat cek poin Losari.

Jumlah tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan kurban yang ada di Kabupaten Cirebon. Tercatat berdasarkan tahun 2022, kebutuhan kurban untuk tahun 2023 ini, untuk sapi 250 ekor, kambing 20 ekor, dan domba 700 ekor.(Junaedi)

 

Related Articles

Back to top button