Ayumajakuning

Sosialisasi Maksimal, Target PPDB SMPN 1 Sukagumiwang Indramayu Optimis Bakal Tercapai

INDRAMAYU,(KACENEWS.ID).-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN 1 Sukagumiwang sebanyak 7 rombongan belajar (Rombel) dapat terpenuhi. Pasalnya, sosialisasi dengan lembaga pendidikan seperti SD/MI sudah dilaksanakan dengan maksimal.

“Optimis target 224 siswa atau 7 rombel dapat tercapai,” kata Kepala SMPN 1 Sukagumiwang, Edi kepada KC News kemarin di ruang kerjanya.

Ia mengungkapkan, PPDB pada tahun ajaran 2023/2024 pelaksanaannya dimulai tanggal 26 Juni 2023 dan pengumumannya pada tanggal 4 Juli 2023. Siswa -siswi yang masuk akan melaksanakan daftar ulang pada tanggal 5 -10 Juli 2023 dan melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) pada tanggal 17 Juli 2023.

Rangkaian kegiatan siswa baru tersebut, kata Edi akan terus dilaksanakan dan dipantau sesuai dengan standar pengawasan yang ada. Sebab, sekolah yang ingin maju dan berkembang harus menerapkan pengawasan ketat dan kedisiplinan tinggi, membangun komunikasi organisasi dan membangun hubungan vertikal serta horisontal.

Kedisiplinan juga tidak sebatas kepada siswa, pendidik dan tenaga kependidikan harus disiplin dan membangun komunikasi. Karena peran guru dengan metode pembelajaran dan bentuk komunikasinya salah satu kunci keberhasilan lembaga pendidikan. Selain itu, ada peran masyarakat dan stake holder.

Dalam bidang akademik lanjut Edi, sekolahnya berhasil lolos O2SN tingkat Kabupaten Indramayu, atas nama Anggi Agustin dan berhak mengikuti di tingkat Provinsi Jawa Barat. Bidang ekstrakurikuler memaksimalkan Pramuka dan PMR serta cabang olahraga seperti futsal, voli dan sepakbola.

“Insya Allah tahun sekarang baik akademik maupun non akademik akan dimaksimalkan kembali. Dengan catatan menerapkan kedispilinan dan membangun komunikasi dengan semua kalangan, “kata pria kelahiran Tegal Karang Kab. Cirebon ini.

Ketua PPDB SMPN 1 Sukagumiwang, Jamhari membenarkan kuota PPDB tahun sekarang 7 rombel. Tahun sebelumnya juga menerima siswa baru 7 rombel. “Idealnya, siswa yang keluar sekarang 7 rombel. Jadi, siswa baru yang masuk 7 rombel lagi, “tegas Jamhari.

Hal yang sama dijelaskan Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Sukagumiwang bidang kesiswaan, H.Talim, Ia berpesan siswa baru sebanyak 224 siswa atau 7 rombel nanti harus dibimbing dan dimotivasi sesuai program sekolah.

Hal ini agar siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) sampai dengan selesai 3 tahun. Artinya, tidak ada siswa yang putus di tengah jalan droup out (DO). “Harapan saya siswa menempuh pendidikan dengan baik jangan sampai DO, “pintanya.(Nir)

Related Articles

Back to top button