Finansial

Menikmati Buah Lontar, Isi Daging Tanpa Air

(KACENEWS.ID),- BUAH daging tanpa air atau orang sering menyebutnya Buah Lontar dari Tuban Jawa Timur. Tekstur buah ini mirip dengan kolang kaling, yaitu putih transparan.

Memiliki rasa yang enak, buah lontar juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, seng, kalium, kalsium, fosfor, tiamin dan riboflavin.

“Buahnya bulat dengan kulit kehitaman namu isinya daging, rasa lebih enak dari kolang kaling,” ujar Sama (55 tahun) penjual buah lontar.

Pria yang sehari-hari mangkal jualan di pinggir Jalan Cakra Buana Kelurahan Sendang Kabupaten Cirebon ini mengaku, sudah 15 tahun berjualan. Sehingga paham buah dijual itu yang berasa manis atau tidak

Untuk harga jelas Sama, untuk satu buah lontar ukuran besar Rp 20.000 dan yang sedang Rp 15.000. Sementara air yang dijual botolan itu bukan dari dalam kupasan seperti halnya buah kelapa tapi terpisah alias hasil dari sadapan pohon lontar.

Sama mengaku, meski tak selaris jualan kelapa tapi cukup banyak yang minat apalagi dalam kondisi cuaca panas seperti sekarang ini.

Dalam setiap 2 minggu, buah lontar ini dipasok sekitar 15 buah. Dan terjual dan paling kalaupun tersisa dua atau tiga buah.

Sementara untuk melengkapi rasa biasanya pembeli membeli minuman hasil sadapan dari pohon ÿang sama, harganya Rp 10.000 per botol. “Kalau soal rasa sih, ya sama saja kaya air kelapa tapi ini lebih manis dan menyegarkan karena hasil sadapan atau penyulingan dari pohonnya,” jelas Sama.(Sep)

Back to top button