CirebonRaya

Program Gelari Pelangi, Eti: Kader PKK Harus Jadi Penggerak Ekonomi

CIREBON – Sosialisasi Gelari Pelangi diharapkan dapat menguatkan eksistensi dan peran tim penggerak PKK dalam program pendidikan dan ekonomi bagi keluarga. Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Hj Eti Herawati saat sosialisasi Gelari Gerakan Keluarga dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Pelangi) PKK di Ruang Adipura Kencana Balai Kota Cirebon, Selasa (16/5/2023).

Eti menegaskan, gerakan PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah. Dan pengolahannya, dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Gerakan PKK melalui tim penggerak PKK dan para kader diharapkan dapat memilah dan menganalisis setiap perkembangan serta perubahan yang terjadi,” katanya.

Implementasi pelaksanaan program dan kegiatan PKK, menurutnya harus dilakukan secara berkesinambungan dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Serta, hasilnya dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Penguatan ekonomi masyarakat merupakan salah satu isu utama yang menjadi fokus pelaksanaan gerakan PKK, hal ini dikarenakan aspek ekonomi menjadi aspek yang krusial dalam menunjang kehidupan masyarakat.

Selain aspek ekonomi, hal yang tidak kalah penting adalah aspek pendidikan. Pendidikan menjadi bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM), yaitu membangun SDM harus bekerja keras, dinamis, produktif, terampil serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Arah pembangunan SDM tersebut merupakan satu dari tujuh agenda pembangunan nasional 2020/2024,” ucapnya.

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan pendidikan ekonomi keluarga, program Gelari Pelangi ini sangat strategis untuk mengakselerasikan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi keluarga Indonesia secara terpadu.

“Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas tiap kader PKK untuk menjadi pelopor dalam ekonomi keluarga sekaligus melakukan penguatan lembaga. Saya juga berharap dapat menghasilkan capaian dan manfaat yang nyata sebagai wujud kontribusi PKK bagi peningkatan kualitas pendidikan, keterampilan dan perekonomian masyarakat,” harapnya.(Jaka)

 

Related Articles

Back to top button