Ayumajakuning

Terbagi dalam 3 Kloter, 1.009 Jemaah Calhaj Kuningan Siap Diberangkatkan

KUNINGAN, (KacenewsId).-Sebanyak 1.009 orang jemaah calon haji (calhaj) dari Kabupaten Kuningan akan diberangkatkan dalam kelompok terbang (kloter) 3, kloter 11 dan kloter 21 melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuningan, H Ahmad Handiman Romdony, melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H Sadudin, Minggu (14/5/2023) mengungkapkan, kuota haji reguler Kabupaten  Kuningan tahun ini sebanyak 1.009 orang,  ditambah cadangan 141 orang. Mereka terbagi dalam kloter 3 yang berangkat pada 30 Mei 2023, kloter 11 berangkat pada  7 Juni 2023 dan kloter 21 dengan jadwal keberangkatan pada 18 Juni 2023.

Ia menyebutkan, untuk jemaah calon haji kloter 3  diberangkatkan dari Kuningan Islamic Centre (KIC)  pukul 03.00 menuju Asrama Haji Kabupaten Indramayu. Kemudian pada pukul 23.15 WIB terbang dari Bandara Kertajati menuju Arab Saudi. Selanjutnya keberangkatan kloter 11, dijadwalkan masuk Asrama Haji Kabupaten Indramayu pukul 20.00 WIB dan dari  Bandara Kertajati pada 8 Juni 2023 pukul 17.20 WIB. Sedangkan kloter 21 (kloter gabungan) masuk Asrama Haji Kabupaten Indramayu  pukul 12.00 dan ke Bandara Kertajati pada 19 Juni 2023 pukul 06.30 WIB.

“Bimbingan manasik massal dilakukan sebagai rangkaian pelaksanaan bimbingan bagi jemaah calon haji setelah dilaksanakan manasik tingkat KBIH dan manasik dasar di wilayah kecamatan,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama menyampaikan ucapan selamat bagi para tamu Allah, dari Kabupaten Kuningan yang pada tahun ini diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji.

“Setelah menunggu beberapa tahun kesabaran ibu dan bapak terjawab sudah. Saat ini jemaah calon haji sudah siap lahir batin untuk memenuhi panggilan Allah guna menunaikan ibadah di Tanah Suci. Jadikan momen dan kesempatan ini untuk dapat melaksakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Ia  berpesan kepada para jemaah calon haji asal agar menjaga kesehatan dan menyiapkan mental serta memelihara kekompakan dari sekarang.

“Kepada para petugas haji yang telah mendapatkan amanah dari pemerintah, laksanakan tugas sebaik mungkin, utamakan pemberian pelayanan terbaik dan tentunya sabar dan ikhlas dalam menjalankan tugas,” katanya. (Emsul)

 

Related Articles

Back to top button