Pemilu

Kecewa Nomor Urut Bacaleg, Kader PKB Kabupaten Cirebon Dilaporkan Mundur

CIREBON- Para kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Cirebon yang menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) dikabarkan kompak mundur. Hal itu karena kecewa lantaran penempatan nomor urut bacaleg yang sudah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Seperti diketahui, DPC PKB Kabupaten Cirebon telah mendaftarkan bacaleg ke KPU pada Sabtu (13/5/2023). Usai resmi didaftarkan, internal partai ini diterpa isu para kader yang berencana mundur karena kecewa terhadap penetapan nomor urut bacaleg.

Tokoh yang peduli terhadap PKB di Kabupaten Cirebon, Abu Tholkha, menegaskan, dirinya sangat tidak menginginkan terjadinya hal tersebut. Sebab, seluruh bacaleg DPC PKB Kabupaten Cirebon merupakan kader-kader potensial. Jika benar maka sangat disayangkan apabila mundur dari partai.

Ia mengaku benar-benar heran, jika tiba-tiba ada bacaleg PKB yang mundur. Apalagi sampai pindah ke partai politik lain. Terlebih seandainya kader itu dari keluarga yang memiliki histori dan ikatan yang sangat kental dengan PKB.

“Ini sangat disayangkan dan harus dicegah, jangan sampai ini terjadi, karena seluruh bacaleg PKB merupakan aset dan kader yang sangat potensial,” ungkap Abu Tolkha, Senin (15/5/2023).

Abu Tholkha juga meminta agar para bacaleg tidak perlu kecewa terhadap penetapan nomor urut atau kebijakan lain yang dilakukan partai. Sebab, proses penetapan bacaleg di KPU itu cukup panjang, sehingga setelah tahapan pengajuan dari partai politik peserta Pemilu 2024 setelah ditutup pada Minggu (14/5/2023) kemarin bisa dilakukan perbaikan berkas.

Ia melanjutkan, setelah pendaftaran KPU akan mulai melaksanakan tahapan verifikasi administrasi (vermin) berkas persyaratan bacaleg mulai 15 Mei – 23 Juni 2023. Sehingga proses tahapannya hingga penetapan DCS maupun DCT masih sangat panjang.

Selain itu, dirinya mengakui pemilihan nomor urut bacaleg juga pada dasarnya dapat diubah sebelum Pemilu 2024 dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Dan para bacaleg yang mendaftarkan diri ke DPC PKB Kabupaten Cirebon merupakan kader-kader terbaik dari yang baik.

Bahkan menurutnya, peminat bacaleg di PKB juga membludak dan proses seleksinya sangat ketat. “Saya yakin mereka yang didaftarkan sebagai bacaleg ke KPU karena merupakan orang-orang terbaik yang siap melakukan kerja-kerja politik demi kemenangan PKB,” tambahnya.(Ismail)

 

Related Articles

Back to top button