Ayumajakuning

Jelang Lebaran, Baznas Salurkan Ribuan Paket Sembako kepada Warga Tidak Mampu

KUNINGAN, (KacenewsId).-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuningan menditsribusikan sebanyak 2.655  paket sembako untuk keluarga tidak mampu di seluruh kecamatan, Rabu (12/4/2023).

“Paket sembako tersebut didistribusikan kepada warga penerima manfaat zakat atau sesuai asnap yang ada. Mudah-mudahan pemberian paket sembako tersebut dapat meringankan beban para mustahik. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada para aghniya atau donatur yang telah menyumbangkan hartanya. Semoga amal baik mereka mendapat balasan pahala yang berlipat ganda serta mendapat keberkahan dari Allah Swt,” kata Ketua Baznas Kabupaten Kuningan, HR Yayan Sofyan.

Menurutnya,  berkat dukungan para muzaki (aghniya) dalam memberikan zakat, infak dan sedekah (ZIS) melalui Baznas, maka dalam penyalurannya akan lebih tertib dan amanah. Sehingga  Baznas juga dapat merealisasikan berbagai program seperti upaya pengentasan kemiskinan, bantuan untuk balita gagal tumbuh (stunting) akibat gizi buruk, warga yang tertimpa bencana alam, memberikan dana  pendidikan bagi anak keluarga tidak mampu dan kegiatan lain sesuai peruntukannya. Oleh sebab itu, Baznas mengajak para aghniya maupun donator lainnya utuk memenuhi kewajiban membayar zakat sesuai ketentuan yang ada.

 Sementara itu, berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Dewan Syariah Baznas Kabupaten Kuningan ditetapkan besaran pembayaran zakat fitrah pada Ramadan 1444 H/2023 M sebesar Rp 30.000 per jiwa.

Besaran zakat fitrah tersebut didasarkan pada harga beras dengan kualitas baik seharga Rp 12.000 per kilogram. Kemudian harga tersebut dikalikan dengan 2,5 kilogram, maka jika diuangkan besaran zakat fitrah menjadi Rp 30.000 per jiwa.(Emsul)

Related Articles

Back to top button