CirebonRaya

SmarTren Tingkatkan Keimanan Siswa SMAN 9

CIREBON – Kegiatan SmarTren yang digelar tatap muka selama Ramadan 1444 H bagi siswa siswi kelas X dan Xl SMA Negeri 9 Cirebon, menjadikan siswa tumbuh ketakwaan maupun keimanannya di bulan yang suci ini.

SmarTren sendiri, merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadan, dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia di kalangan siswa SLB, SMA, maupun SMK serta menumbuhkan sikap serta nilai-nilai luhur kepesantrenan di kalangan sekolah.

Dengan tujuan menambah dan memperluas wawasan pengetahuan siswa, meningkatkan Amaliah Ramadan, menerapkan pengalaman ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkaian kegiatan keagamaan selama berlangsungnya SmarTren, para siswa mengikutinya dengan khidmat. Dari mulai berinfaq, kajian keagamaan, membaca Alquran hingga sholat berjamaah diikutinya.

“Meskipun zonanya berada di pinggiran kota, para siswa ini jadi lebih giat lagi melakukan ibadahnya. SmarTren menumbuhkan keimanan dan selain dilakukan di sekolah, diharapkan bisa diterapkan juga di rumah,” kata Wakil Kepala SMA Negeri 9 Cirebon bidang Kesiswaan, Rojaya, belum lama ini.

Dijelaskan dia, rangkaian kegiatan penumbuhan budi pekerti bulan ramadan 1444 H di lingkungan satuan pendidikan SMA, SMK dan SLB hampir semuanya sama. Dari mulai pembukaan, infaq massal aktualisasi Masagi, gerakan Wakaf Alquran, Rantang Pramuka (kegiatan sosial) hingga penulisan Mushaf Alquran.

Kegiatan SmarTren dilakukan siswa kelas X satu pekan, siswa kelas XI mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) dan pekan berikutnya untuk kelas XI, kelas X mengikuti KBM. “Hingga saat ini kegiatan SmarTren berjalan dengan lancar,” jelas Rojaya.(Jaka) 

Back to top button