CirebonRaya

Gebyar Amaliah Ramadan Mekarsari Salurkan Santunan Rp 96,2 Juta ke Yatim dan Duafa

CIREBON – Gebyar Amaliah Ramadan 1444 H/ 2023 di RW 05 Mekarsari Kompleks Perumahan Pembangunan Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon patut menjadi percontohan.

Panitia Amaliah Ramadan dengan penanggungjawab Ketua RW 05,  H Tardjono bekerja sama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat RW berhasil melaksanakan pemungutan dan menyalurkan santunan sebesar Rp 96.200.000 untuk anak yatim piatu dan duafa.

Uang tersebut terkumpul dari zakat harta, infaq dan sedekah warga di Kompleks Perumahan Pembangunan.

Penyerahan santunan kepada anak yatim piatu dan duafa dilakukan pada Minggu, 9 April 2023 di Masjid Nurul Iman.

Tokoh sesepuh RW 05 Mekarsari Kompleks Perumahan Pembangunan, H Syarif MH Liasaputra saat menyerahkan secara simbolis santunan untuk dhuafa ke Kuwu Desa Tuk, Faturrahim Wijaya, Sabtu, 9 April 2023.

Tak hanya itu, Panitia Amaliah Ramadan RW 05 juga menyalurkan uang santunan untuk duafa yang penyerahannya dilakukan Pemerintah Desa Tuk, Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon.

Totalnya Rp 15 juta untuk 100 orang untuk duafa. Uang santunan tersebut secara resmi diterima Kuwu Desa Tuk, Faturrahim Wijaya.

Ketua RW 05 Mekarsari, H Tardjono selaku Penanggungjawab Panitia Amaliah Ramadan kepada “Kabar  Cirebon”, Minggu, 9 April 2023 menuturkan, tiap tahun pihaknya menggelar kegiatan Gebyar Amaliah Ramadan dalam rangka membangun Habluminallah dan Habluminannas.

Ramadan tahun 2023 ini, pihaknya memberikan manfaat untuk 374 orang terdiri dari anak yatim piatu dan duafa. Bukan hanya di lingkungan RW 05 Mekarsari, bahkan menjangkau hingga daerah Pesisir Kesenden, Kota cirebon.

“Ramadan tahun ini kami mendapat amanah dari warga untuk menyalurkan zakat mal, infaq dan sedekah. Totalnya Rp  96.200.000 untuk disalurkan kepada yang berhak yakni anak yatim piatu dan duafa,” ujarnya.

Untuk menyalurkan uang santunan tersebut, Panitia Amaliah Ramadan RW 05 membagi menjadi empat kelompok. Kelompok pertama yakni anak yatim piatu dan duafa di sekitar RW 05 Mekarsari. Jumlahnya 100 orang.

Sementara itu perwakilan jamaah ibu-ibu Majelis Taklim Nurul Iman (MTNI), Hj Hartini Syarif yang juga Panitia Amaliah Ramadan RW 02 Mekarsari, Kompleks Perumahan Pembangunan, Cirebon, menuturkan, Gebyar Amaliah Ramadan sudah berjalan sekitar 15 tahun.

Awalnya digelar untuk internal Majelis Taklim Nurul Iman (MTNI) dan tak disangka dalam perjalanannya berkembang hingga menarik warga Kompleks Perumahan Pembangunan untuk menzakatkan hartanya.

Tahun 2023 ini tercatat ada sekitar 21 muzakki. “Harapan ke depannya, kegiatan ini semakin berkembang. Polanya, yang semula santunan bisa menjadi bantuan modal usaha kepada duafa. Bahkan, yang semula menerima santunan bisa menjadi muzakki,” tambahnya.(Lif)

 

Related Articles

Back to top button