Ayumajakuning

Kodim dan PCG Bantu Warga Terdampak Bencana

KUNINGAN, (KacenewsId).-Kodim 0615 Kuningan bersama jajaran Puspita Cipta Group (PCG) menyerahkan bantuan kepada korban terdampak tanah longsor di Desa Situgede Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Rabu (5/4/2023).

Berjarak sekitar 70 km  dari wilayah Kuningan kota, ditambah medan yang terjal dan jalan rusak yang harus dilalui untuk bisa sampai ke lokasi bencana, tidak menyurutkan niat rombongan untuk bisa bertemu dan memberikan bantuan kepada warga.

Setibanya di lapangan voli  Dusun Ragawangsa, mereka disambut haru oleh puluhan warga yang sebagian besar adalah para lanjut usia (lansia) dan janda. Bahkan ada beberapa orang yang meneteskan air mata.

Para korban terdampak bencana alam tersebut diperlakukan layaknya seperti orang tua. Karena selain diberikan santunan berupa bingkisan dan sejumlah uang, juga dicium tangannya saat bersalaman sebagai tanda rasa hormat.

“Saya sangat terharu karena jauh-jauh ke seni untuk melihat kondisi warganya sambil memberikan bantuan,” ucap seorang janda beranak enam, Katni (60 tahun).

Direktur Utama PCG, H. Rokhmat Ardiyan bersyukur karena bisa kenal dengan Dandim 0615 Kuningan,  Letkol. Inf. Bambang Kurniawan. Sehingga dapat ikut bersama-sama membantu warga di beberapa tempat termasuk Desa Situgede yang layak diperhatikan.

Ia mengimbau kepada warga yang berada di lokasi bencana, untuk selalu  waspada terutama ketika terjadi hujan. Kemudian aparat desa harus melakukan langkah-langkah penyelamatan, karena nyawa lebih penting.

Dandim 0615 Kuningan, Letkol. Inf. Bambang Kurniawan mengakui kondisi Dusun Ragawangsa Desa Situgede sangat mengkhawatirkan. Sehingga pihaknya mendukung  proses relokasi ke tempat yang lebih aman. “Tapi langkah awal, minimal melakukan beberapa antisipasi supaya tidak membahayakan warga,”ujarnya.

Kepala Desa Situgede, Nurdin menyampaikan terima kasih dengan adanya bantuan serta dukungan dalam upaya mewujudkan harapan warga. “Warga selalu was-was ketika terjadi tanah longsor,” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, selain memberikan santunan dan bantuan paket sembako juga beberapa buah karpet berukuran 12x 12 meter untuk Masjid Al-Ikhlas Dusun Ragawangsa Desa Situgede dan Masjid Blok Cilimus beserta Masjid Dusun Cikuya Desa Jamberama.(Yan)

Related Articles

Back to top button