Pendidikan

Siswa SMAN 4 Jalani PTS Sembari Berinfaq

CIREBON – Siswa kelas X dan XI SMA Negeri 4 Cirebon menjalani Penilaian Tengah Semester (PTS) sejak 27 Maret 2023 di sekolah setempat.

Saat PTS, siswa pun melakukan infaq massal aktualisasi Masagi yang merupakan salah satu program pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan orientasi pada pendidikan karakter.

Salah satu rangkaian kegiatan penumbuhan budi pekerti Ramadan 1444 H di lingkungan satuan pendidikan SMA/SMK/SLB, diawali dengan launching kegiatan SmarTren bersama gubernur, Ridwan Kamil.

Related Articles

Kemudian, siswa SMAN 4 Cirebon melaksanakan SmarTren yang dimulai pada 4-14 April 2023. Sedangkan SmarTren, adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan pada Ramadan, dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia di kalangan siswa SMA, SMK maupun SLB, serta menumbuhkan sikap serta nilai-nilai luhur kepesantrenan di kalangan sekolah dengan tujuan menambah dan memperluas wawasan pengetahuan siswa, meningkatkan Amaliah di bulan ramadan, menerapkan pengalaman ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.

“Infaq massal sudah dimulai. Siswa diajarkan beramal maupun berbagi, kegiatan infaq tidak mengganggu PTS,” kata Wakil Kepala SMAN 4 Cirebon bidang Kesiswaan, Deden Hermawan, Kamis (30/3/2023).

Dijelaskan Deden, selain melakukan infaq, gerakan Wakaf Alquran, kegiatan sosial Rantang Pramuka, dan penulisan Mushaf Alquran, rangkaian SmarTren dilakukan perlombaan islami. “Ada lomba ceramah, busana muslim, kaligrafi hingga adzan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 4-14 April usai melaksanakan SmarTren setelah sholat dhuhur berjamaah,” kelasnya.

Deden menambahkan, Rantang Cinta yang merupakan kegiatan sosial akan dilaksanakan pada 14 April memberikan ta’jil kepada warga sekitar sekolah. “Di Nuzulul Qur’an nanti dilakukan buka bersama dan kajian Nuzulul Qur’an bersama Al-Mukarramah,” ungkapnya. (Jaka) 

Back to top button