CirebonRaya

Cegah  Kasus Stunting, Pemkab Intervensi Kecamatan Pangenan

CIREBON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon terus menekan kasus stunting. Salah satunya di Kecamatan Pangenan yang tergolong banyak kasus stunting.

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih mengatakan, intervensi bagi kecamatan yang tergolong banyak kasus stunting ini bertujuan agar dapat menguranginya. “Tidak sedikit kasus stunting di kecamatan ini, sangat diperlukan intervensi,” katanya usai acara di aula kantor Kecamatan Pangenan, Selasa (28/3/2023).

Wanita yang biasa dipanggil Bunda Ayu ini menjelaskan, peran serta seluruh pihak, khususnya orang tua sangat diperlukan untuk menekan kasus stunting. Peningkatan kesehatan masyarakat menjadi prioritas desa, khususnya bagi bayi, balita dan ibu hamil.

Antara lain dengan secara rutin diadakan penimbangan dan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Posyandu. Bahkan, dianggarkan dari desa untuk penanganan stunting. “Dengan rutin lakukan penimbangan di Posyandu, akan terlihat perkembangan anak dan bila terjadi hal yang kurang baik pada kesehatan anak, akan dikomunikasikan dengan Puskesmas untuk penanganan lebih lanjut,” jelasnya.

Masih dikatakan Bunda Ayu, dalam penanganan kesehatan masyarakat, khususnya stunting, perlu peran serta seluruh pihak terkait, tak terkecuali warga itu sendiri yang aktif memeriksakan kesehatan bayi dan balita. Agar, berat badan maupun ketinggian anak terpantau.

“Selain itu, peran para kader Posyandu dan bidan desa juga pihak terkait yang aktif melaksanakan kegiatan kesehatan pada warga,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan dukungan masyarakat, khususnya orang tua untuk melakukan penimbangan bayi dan balita di Posyandu. “Mari kita cegah berbagai penyakit, agar masyarakat sehat,” ajak Bunda Ayu didampingi Kepala Puskesmas Pangenan, Aria.

Aria menambahkan, berbagai upaya dilakukan untuk menekan kasus stunting. Salah satunya dengan aktif Posyandu di tiap desa dan terus lakukan pemantauan bilamana ada anak yang terindikasi stunting. “Alhamdulillah, berkat intervensi yang dilakukan pihak kabupaten dan instansi terkait, angka stunting menurun,” imbuhnya.(Supra)

 

Related Articles

Back to top button