Pendidikan

Webinar Dorong Peningkatan Mutu Kompetensi Guru

KUNINGAN, (KacenewsId).-Kegiatan webinar bertemakan “Ngariksa Guru (Ngawangun Rasa Inspiratif Kreatif Sawargi) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Kuningan untuk mendorong pendidikan kompetensi guru serta kemajuan pendidikan di Kabupaten Kuningan, yang dimulai Sabtu (25/3/2023).

“Guru adalah  salah satu pilar pelaksana pembangunan pendidikan dituntut memiliki integritas dan kemampuan profesional yang tinggi agar mampu melaksanakan darma baktinya mencetak generasi penerus bangsa,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Guru dan Tenaga Kendidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Kuningan, H. Pipin Mansur Aripin.

Ia menyebutkan, webinar  ini  diikuti 183 peserta yang merupakan perwakilan guru dari tiap jenjang sekolah di berbagai kecamatan  mulai TK, SD dan SMP. Kegiatan ini dilaksanakan berlanjut dari seri 1 sampai dengan seri 5, yang berakhir Kamis (6/4/2023).

“Materi yang disampaikan di antaranya implementasi kurikulum Merdeka, platform Merdeka Belajar, perencanaan berbasis data, guru inovatif dengan subtema penulisan karya tulis ilmiah dan dilengkapi video praktik secara baik,” katanya.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama menyambut pelaksanaan program webinar peningkatan mutu pendidik ini. Karena program  ini merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan dengan moda daring yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran. Agar guru mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif. Termasuk mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

“Kami sangat bangga dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan para pendidik di Kuningan, kususnya guru penggerak karena telah  berjuang mengambil peran menuju transformasi pendidikan Indonesia. Yakni transformasi pendidikan untuk pembelajaran yang berpihak pada murid dan pembelajaran yang memerdekakan. Ke depan guru juga harus mampu mengembangkan keilmuan yang didapat dari pelatihan ini untuk mewujudkan Visi Kabupaten Kuningan  Ma’mur, Agamis dan Pinunjul (Maju) berbasis desa tahun 2023 yang mencakup manajemen layanan pendidikan, kesehatan secara merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan sumber daya manusia yang sajati,” tuturnya.

Ia  berharap, melalui pelatihan ini dapat melahirkan pemimpin pembelajaran yang menerapkan Merdeka Belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Sehingga mampu membawa kebangkitan dan kemajuan pendidikan di Kabupaten Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan.

Webinar tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Rusmiadi serta narasumber dari Kemitraan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat serta  Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat.(Emsul)

Related Articles

Back to top button