Finansial

Stok Kedelai Aman, Zain: Selama Ramadan Tak Ada Gejolak Harga Tahu Tempe

INDRAMAYU,-Menghadapi bulan puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 stok kedelai di lima gudang penyimpanan Primer Koperasi / Primkopti Kabupaten Indramayu aman.

“Para anggota yang akan membeli kedelai sebagai bahan baku tempe tahu tak perlu khawatir karena stok aman dan disimpan di lima gudang ,” ujar Ketua Primkopti Indramayu, H. Zain

Menurutnya, pada masa pandemi harga kedelai sempat mengalami kenaikan terus menerus dan untuk itu pemerintah mengucurkan subsidi sehingga harga ada pada kisaran Rp 14.000 per kilogram.

Kini subsidi ditiadakan namun harga 1 kg kacang kedelai turun jadi Rp 12.000 dan itpun sudah sampai ke perajin tahu dan tempe.

“Saya berharap harga bisa turun lagi seperti sebelum masa pandemi harga kacang kedelai dalam dikisaran Rp 9.500 per kilogram,” tutur H. Zain selaku Ketua Primkopti Indramayu.

Diakui, saat harga kedelai Rp 14.000 per kilogram para perajin tahu tempe di berbagai wilayah mengeluh karena bahan baku tingga dan penjualan lesu sehingga para anggota, perajin usaha tempe tahu menggelar aksi unjuk rasa.

“Alhamduillah kami dari Pengurus Primkopti Indramayu memberikan pemahaman kepada semua anggota dan calon anggota Primkopti untuk menyiasati dengan mengurangi ukuran produksi nya tetapi harga tetap dan ini terbukti para pengrajin tahu tempe mampu bertahan saat itu dan sampai sekarang,” tandasnya Zain.(Wawan/KC)

Related Articles

Back to top button