Ayumajakuning

Pemilu 2024, Indramayu Gunakan Rancangan Dapil Pemilu Sebelumnya

INDRAMAYU, (KacenewsId).-Kabupaten Indramayu akan menggunakan daerah pemilihan (dapil) rancangan satu atau menggunakan dapil pemilu sebelumnya, pada Pemilu 2024. Hal itu  Sesuai keputusan PKPU Nomor 6 Tahun 2023.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni melalui Divisi Teknis Penyelenggara KPU Indramayu, H.Fahmi Labib usai sosialisasi Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Indramayu pada Pemilu 2024 di aula salah satu hotel di Indramayu, Selasa (21/3/2023) mengungkapkan, kegiatan  ini merupakan sosialisasi daerah pemilihan dan alokasi kursi yang sudah diputuskan oleh PKPU Nomor 6 Tahun 2023, dan pada Pemilu 2024 Kabupaten Indramayu menggunakan dapil rancangan satu.

Melalui perjalanan panjang, mulai dari penyusunan, pemindahan data, sosialisasi, uji publik dan penetapan oleh KPU RI.

“Kita mengajukan dua rancangan, yakni rancangan satu dengan menggunakan dapil pada pemilu sebelumnya dan rancangan kedua pergeseran beberapa kecamatan ke kecamatan lain. Untuk Kabupaten Indramayu, KPU RI memilih rancangan satu atau rancangan dapil yang digunakan pada pemilu sebelumnya,” katanya.

Menurutnya, walaupun dapilnya tetap, tetapi ada pergeseran kursi. Yaitu pada dapil 2 bertambah dari semula 8 dapil menjadi 9 dapil. Sementara di dapil 6 berkurang,  dari semula 10 dapil menjadi 9 dapil.

Ia menyampaikan,  perubahan kursi tersebut terjadi, dikarenakan adanya perubahan jumlah Data Agen Kependudukan Kecamatan (DAKK) yang diterbitkan oleh Kemendagri melalui Disdukcapil.

“Bukan kita yang menggeser kursi, tetapi kursi bergeser dan berubah karena adanya perubahan jumlah DAKK,” ujarnya.

Labib mengatakan,  pihaknya menyampaikan sosialisasi ini agar para peserta yang terdiri dari perwakilan parpol, ormas dan akademisi yang sebelumnya mengikuti uji publik dapat mengetahui dan memahami, bahwa Pemilu 2024 di Indramayu menggunakan dapil rancangan satu atau menggunakan dapil pemilu sebelumnya.

“Teman-teman parpol agar segera menyiapkan diri untuk proses tahapan selanjutnya. Lalu diharapkan masyarakat paham dan tahu bahwa pada Pemilu 2024 di Kabupaten Indramayu akan menggunakan dapil rancangan satu,” ucapnya.(Ratno)

Related Articles

Back to top button