CirebonRaya

375 Taekwondoin SLB Ikuti UKT TI Sabuk Putih

CIREBON,-
Sebanyak 375 taekwondoin ikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) sabuk putih hingga merah strip satu (geup 10 sampai geup 2) yang di gelar pengurus Taekwondo Indonesia (TI) Kota Cirebon di Gedung Pemuda Kecamatan Kesambi Kota Cirebon, Minggu (19/3/2023).

Kegiatan rutin tiga bulanan tersebut, dari 375 peserta, 13 di antaranya siswa tuna rungu tingkat SD-SMA Sekolah Luar Biasa (SLB-B) Pancaran Kasih yang beralamat di Jalan Wahidin Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon.
Meski memiliki kekurangan, mereka mengikutinya dengan antusias. “Setiap ujian kenaikan sabuk atau tingkat per tiga bulan ini yang dilaksanakan TI Kota Cirebon kami selalu ikut,” kata Pengurus Yayasan SLB-B Pancaran Kasih Kota Cirebon, Noneng Haryati.

Noneng menyebutkan, kegiatan taekwondo di SLB-B Pancaran Kasih sudah ada sejak sekitar 2015. Kemudian, taekwondoin SLB ini juga sudah memiliki prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat. Belum lama ini, dua anak meraih medali emas dan perak saat Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) tingkat pelajar se-Wilayah 3 Cirebon yang di gelar di gedung UMC Kabupaten Cirebon.
“Anak-anak punya motivasi yang tinggi, apa lagi ada anak yang meraih prestasi, sehingga yang lainnya juga ikut termotivasi,” sebutnya.

Sementara itu Tim Penguji TI Jawa Barat, Master Suryana menuturkan, Maret ini adalah periode pertama TI Kota Cirebon menggelar UKT di tahun 2023. Penilaian kepada disabilitas atau SLB mengacu pada World Taekwondo (WT) Competition Rules.
“Anak-anak luar biasa ini pernah mengikuti kompetisi. Nantinya juga ada rencana melakukan Diklat wasit khusus disabilitas. Hampir di setiap daerah ada anak-anak disabilitas,” tuturnya.

Pembina Disabilitas Jawa Barat untuk cabang olahraga (Cabor) Taekwondo tersebut menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan termasuk mengirimkan atlet ke luar negeri. Saat kejuaraan dunia Para Internasional di Bahrain, mendapatkan medali perak. “Belum lama ini di Bandung khusus kejuaraan disabilitas tingkat Jawa Barat, Cirebon juga meraih beberapa medali emas. Grafik TI Kota Cirebon dibawah bimbingan Sabeum Suwiriyadi luar biasa,” jelas Master Suryana.(Jaka/KC)

Related Articles

Back to top button