Pendidikan

448 Mahasiswa Diwisuda, Lulusan Uniku Diminta Berkarya Penuh Kreatif dan Inovatif

KUNINGAN, (KacenewsId).-Sebanyak 448 mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) dari berbagai program studi (Prodi) mengikuti wisuda, di Gedung Student Centre Iman Hidayat Kampus I, Rabu (8/3/2023).

Rektor Uniku, H Dikdik Harjadi, berharap ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama menduduki bangku kuliah di Uniku dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi wisudawan dan wisudawati. Selain sebagai bekal untuk membangun kehidupan, juga merintis karier serta menjadi insan yang dapat memberikan manfaat bagi nusa, bangsa dan agama.

“Setelah Anda diwisuda hari ini, berkaryalah secara kreatif dan inovatif dalam rangka pemulihan pembangunan pasca pandemi Covid-19 yang sempat terjadi di tengah-tengah masyarakat. Antara lain bekerja  dengan penuh kesungguhan, berintegritas disertai penuh ikhlas,” katanya.

Menurutnya,  Uniku berusaha merespon setiap regulasi serta program yang digulirkan oleh Kemendikbudristek termasuk dari LLDIKTI wilayah IV Jabar Banten. Salah satunya adalah Program MBKM. Implementasi dari regulasi MBKM adalah dengan mendorong dan berperan secara aktif dalam berbagai program yang ditawarkan oleh Kemndikbudristek.

“Buah dari kerja keras seluruh elemen kampus, maka di 2023 Uniku mendapat anugrah Gold Winner dari LLDIKTI Wilayah Jawa Barat dan Banten untuk kategori perguruaan tinggi (PT) terbanyak meloloskan mahasiswanya dalam Program Kampus Mengajar 2022. Untuk Tahun 2023, Uniku kembali meloloskan 136 Mahasiswa dan 20 orang DPL dalam Program Kampus Mengajar Batch 5,” tuturnya.

Ia menyebutkan, total kerja sama yang dilakukan dalam 6 bulan terakhir berjumlah 41 kerja sama dengan berbagai kampus, lembaga pemerintah dan industri di dalam negeri maupun luar negeri.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bank BRI yang telah menyerahkan bantuan kendaraan operasional berupa Mobil Toyota HIACE untuk Uniku,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua pengurus YPSAK, H. Uri Syam,  mengampaikan, Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan sebagai badan penyelenggara Uniku sangat menyadari bahwa mutu akademik hanya bisa dicapai apabila terus mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan.Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk terus mengupayakan pengembangan dan penyempurnaan fasilitas belajar.

“Dalam rangka pengembangan dan perluasan lahan, Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 3 hektare yang terletak di Jalan lingkar antara Desa Cisantana dan Desa Cipari. Lahan tersebut bisa digunakan untuk lahan percobaan dan penelitian para dosen,”katanya.

Dalam wisuda ke-28 ini, dihadiri perwakilan LLDIKTI wilayah IV, Entin Hartini, Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda, Ketua DPRD Nuzul Rachdi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, H Uca Somantri, serta undangan lainnya.(Emsul)

Back to top button