CirebonRaya

Permaisuri Gusti Ratu Sri Mulya Wafat

Dikebumikan di Astana Kompleks Sunan Gunung Jati Kabupaten Cirebon

CIREBON,- Permaisuri Gusti Ratu Sri Mulya yang tutup usia pada Rabu (8/3/2023) sore kemarin sudah dikebumikan di Astana Gunung Sembung di Kompleks Makam Sunan Gunung Jati di Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, pada Kamis 9 Maret 2023.

Ratu Sepuh Gusti Sri Mulya atau disebut sebagai Ratu Dalem Keraton Kanoman, merupakan permaisuri almarhum Kanjeng Gusti Sultan Rajha Mohammad Djalaludin, ibu dari Sultan Kanoman XII, Kanjeng Gusti Raja Mohammad Emirudin.

Permaisuri Gusti Ratu Sri Mulya wafat pada Rabu sore pukul 15.14 WIB, 8 Maret 2023. Rencananya, akan dimakamkan pada Kamis (9/3/2023) siang pukul 13.00 WIB.

Info yang didapat, iring-iringan pembawa jenazah Permaisuri Ratu Sepuh Sri Mulya tiba di Kompleks Makam Sunan Gunung Jati sebelum pukul 15.00 WIB dan langsung dikebumikan. Tepat di Kamis sore atau Malam Jumat Kliwon, suasana kompleks nampak dipadati pengunjung dari berbagai daerah untuk melakukan doa di Makam Sunan Gunung Jati.

Rombongan pembawa jenazah dan keluarga atau kerabatnya dari Keraton Kanoman sampai sini sekitar kurang lebih sebelum jam tiga. Suasananya sangat ramai karena pas malam Jumat Kliwon, banyak orang dari luar daerah juga yang ingin berziarah ke makam Sunan Gunung Jati,” kata salah satu petugas jaga di Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Mamat, Kamis (9/3/2023).

Pengeran Patih Muhamad Qodiran menyampaikan, almarhum dikebumikan pada Kamis 9 Maret 2023, pukul 13.00 WIB, selepas Shalat Ghaib berjamaah di Ruang Prabayaksa. Lebih lanjut Pengeran Patih Qodiran mengatakan, sebelum dikebumikan, almarhumah dilakukan prosesi sesuai dengan adat Keraton Kanoman dan keranda akan dibawa oleh beberapa orang punggawa keraton dengan cara berjalan kaki dari Keraton Kanoman untuk menuju Komplek Pemakaman Gunung Sembung.

“Rencana almarhumah dikebumikan Kamis 9 Maret 2023 pada pukul 13.00 WIB di Gedung Sultan Dzulkarnaen Astana Gunung Sembung dan dikebumikan sebagai seorang Permasuri,” katanya.(JK)**

Back to top button