CirebonRaya

Pemkab Diminta Bantu Penerbitan Hak Paten Penemuan Bibit Padi

CIREBON – Petani di Kabupaten Cirebon mendorong kepada pemerintah daerah agar bisa mengakomodir pata petani yang mampu menghadirkan inovasi baru di bidang pertaniam.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga ketersediaan pangan di wilayah Kabupaten Cirebon. Salah satu Petani Kabupaten Cirebon, Usman Effendi mengatakan, dirinya pada tahun lalu berhasil menemukan padi varietas baru.

Padi tersebut merupakan hasil kawin silang antara varietas Ciherang Mantap dengan Inpari 32. Bahkan varietas baru yang belum ia beri nama ini memiliki keunggulan yang cukup bagus dibandingkan dengan jenis lainnya.

Pasalnya dalam 1,5 hektare lahan padi, dirinya hanya menghabiskan pupuk semiorganik sebanyak tiga kwintal.

“Kalo uji coba ini berhasil, saya rencana akan bagikan varietas baru ini kepada petani. Tetapi, upaya uji coba ini perlu ada dukungan dari Dinas Pertanian supaya berhasil,” kata Usman.

Ia menyebutkan, dirinya meminta agar pemerintah daerah untuk mengawal penerbitan hak paten penemuannya. Bahkan dirinya meminta agar bisa memberikan sewa lahan pertanian milik Pemda secara gratis.

Menurut Usman, hal tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas produksi padi di Kabupaten Cirebon dan mampu bersaing dengan daerah lumbung padi lainnya seperti Indramayu.

“Saya berharap kepada pemerintah bisa membantu mengurus hak paten atau mencoba tanam varietas baru ini lahan pemerintah. Itu kan pemda, punya ratusan hektare lahan,” kata Usman.

Sementara itu Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon mempersilahkan masyarakat untuk menyewa lahan pertanian milik pemerintah. Hal tersebut dilakukan agar lahan tersebut produktif.

Pemerintah daerah Kabupaten Cirebon memiliki 201 hektare lahan pertanian milik aset Dinas Pertanian yang bisa disewakan untuk masyarakat. Lahan tersebut tersebar di 10 wilayah kecamatan. Masyarakat bisa menyewa sesuai apprasial.

Lahan tidak produktif yang disewakan kepada masyarakat memiliki keuntungan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu, produktivitas lahan akan terjaga dan ketersediaan pangan untuk Kabupaten Cirebon tetap terjaga.(Junaedi)

 

Related Articles

Back to top button