Pendidikan

Tanamkan Niat Siswa Ibadah Haji, MTsN 3 Kuningan Gelar Latihan Manasik

KUNINGAN, (KacenewsId).-Seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 (Cigugur) Kabupaten Kuningan mengikuti latihan  manasik haji di lingkungan sekolah, Rabu (1/3/2023).

Peserta manasik yang mengenakan pakaian serba putih dan baju ihrom itu mempraktikan langsung tatacara pelaksanaan ibadah haji beserta rukun-rukun haji lainnya, yang diibaratkan sedang melaksanakan ibadah  rukun Islam yang kelima di tanah suci Mekah al-mukaromah. Dari mulai pelaksanaan mikot, memasuki Arofah, Muzdalifah, Mina, lempar jumroh, tahalul awal, tawaf (mengelilingi Ka’bah), sa’i, tahalul ahir hingga tawaf wadha dilakannya sesuai ibadah haji.

Kepala MTsN 3 Kuningan, H Soiman Iman Santoso, didampingi ketua panitia penyelenggara, Samsudin, dan seorang guru senior, Engkos Kosasih, mengungkapkan, kegiatan manasik haji ini diikuti oleh seluruh siswa MTsN 3 Kuningan dari mulai kelas VII, VIII dan kelas IX, sebanyak 968 siswa yang terdiri dari 32 rombongan belajar (rombel). Termasuk 60 guru dan pegawai TU turut dalam kegiatan manasik haji tersebut.

“Melalui kegiatan latihan manasik bagi para siswa, diharapkan ke depan akan tertanam niat untuk melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya,” kata dia.

Samsudin menyebutkan, dari mulai persiapan hingga pelaksanaan latihan manasik haji memakan waktu kurang lebih selama satu bulan. Dalam hal ini, semua guru berperan untuk memberikan bimbingan, terutama bagi guru yang sempat menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Di MTs Negeri 3 Kuningan ada sebanyak 11 haji/hajah yang telah melaksanakan rukunIslam yang kelima.  Maka dalam pemberian materi manasik tidak hanya dilakukan oleh guru Agama, termasuk seluruh guru dan haji/hajah yang sudah berpengalaman atau mengalami  dalam melaksanakan ibadah haji.

Sementara itu, Engkos Kosasih, menyampaikan, alat peraga manasik dari mulai baju ihrom, miniatur Ka’bah dan lain-lain adalah milik sekolah. Sehingga dalam pelaksanaannya sekolah sudah siap, tanpa harus mencari ke orang lain.

“Dengan terselenggaranya latihan manasik haji bagi siswa MTsN 3 Kuningan, bisa saja suatu saat menjelang ramaja/dewasa apabila ada orang tuanya yang mampu mengajak umrah, para siswa tersebut sudah siap, karena telah dibekali ilmunya saat duduk di bangku sekolah,” katanya.(Emsul)

Back to top button