CirebonRaya

RW 06 Kelud Asih Ajukan Pengembangan Bank Sampah

CIREBON – RW 06 Kelud Asih Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon telah menggelar rembug warga yang berlangsung di Baperkam RW setempat belum lama ini.
Rembug warga dihadiri Lurah Kecapi, Wawan Gunawan, pengurus RT RW, Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) dan tokoh masyarakat setempat.

Lurah Kecapi, Wawan Gunawan menjelaskan, rembug warga ini merupakan forum musyawarah lingkungan di tingkat RW untuk mengidentifikasi, menggali dan menyepakati potensi yang dimiliki di wilayah RW setempat berupa potensi unggulan baik di bidang pemberdayaan masyarakat maupun Infrastruktur.

Rembug warga ini bertujuan untuk menentukan faktor yang mendorong keberhasilan pembangunan yang akan menjadi masukan pada tahapan Pra Musrenbangkel.

Related Articles

Hal ini karena rembug warga menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan kegiatan Pra Musrembangkel yang menjadi bagian dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Cirebon,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari potensi yang ada di RW 06 harus ada skala prioritas yang akan diajukan sehingga dengan skala prioritas bisa memberi dorongan RW 06 menjadi RW unggulan di Kota Cirebon.

Wawan mencontohkan, dari lima atau lebih usulan maka ada tiga skala prioritas sementara yang usulan lainnya dapat diusulkan dalam program jangak panjang. Kemudian, pihak kelurahan akan memprioritaskan untuk pemberdayaan masyarakat untuk menopang kehidupan ekonomi warga atau keluarga, sedangkan pembangunan infrastruktur yang dirasa penting untuk dilakukan.

Sementara itu Ketua RW 06 Kelud Asih, Dadan Sondani mengatakan, berdasarkan hasil rembug warga yang telah disepakati memang banyak kepada pemberdayaan masyarakat.

“Hasil rembug warga menghasilkan lima usulan antara lain, pengembangan bank sampah, komposing sampah, kelompok wanita tani (KWT), pemberdayaan perikanan, normalisasi saluran air di RT 02 dan RT 04,” katanya.

Sementara, lanjut Dadan, dari LKK pengadaan barang berupa timbangan bayi digital, perangkat komputer untuk literasi dan administrasi.(Jaka) 

Related Articles

Back to top button