Ayumajakuning

Kokohkan Sinergitas, DMI Bersilaturahmi dengan Pemda

KUNINGAN, (KacenewsID).-Jajaran Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kuningan masa bakti 2023-2027 berdialog tentang kemasjidan dengan para pejabat pemerintah daerah (Pemda), di Ruang Rapat Linggarjati Setda Kabupaten Kuningan, Rabu (22/2/2023).

Aktivitas keumatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Barat, yang mengesahkan Kepengurusan Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kuningan Masa Bakti 2023-2027, untuk  peningkatan kegiatan serta menjalin sinergitas program terpadu dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan.

“Sesuai harapan kita semua, kami sebagai kepengurusan baru  dipandang perlu adanya peningkatan aktivitas dari periode sebelumnya. Yakni untuk melakukan sinergitas program terpadu, salahsatunya melakukan dialog dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan,” kata Ketua PD DMI Kabupaten Kuningan, H Ugin Lugina, pada acara silaturahmi dan dialog program kemasjidan, bersama Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda didampingi Asda 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. H. Nurahim, Kabag Kesra Setda Kabupaten Kuningan H. Nunung Nurjati bersama pihak terkait lainnya.

Menurutnya,  melalui program silaturahmi disertai dialog interaktif  ini bisa mensinergikan kebijakan Pemkab dengan pemerintah desa dalam mengalokasikan anggaran khusus untuk Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan musala yang berada  di masing-masing desa.

“DMI akan terus berusaha membuat program untuk kemakmuran masjid, agar jamaah masjid tumbuh dan berkembang secara merata. Sesuai dengan penghormatan  Allah Swt kepada para pengelola masjid yang penuh amanah, akan menjadi orang-orang mulia serta mendapat petunjuk dari-Nya,” ucapnya.

Sementara, itu,  wakil bupati menyambut baik  kunjungan dan silaturahmi DMI bersama komponen Pemda serta mengapresiasi setingi-tingginya kepada DMI sebagai mitra Pemda. Karena selama ini, DMI  melalui program-programnya banyak memberikan kontribusi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam memakmurkan masjid untuk mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Kuningan Maju (Makmur Agamis dan Pinunjul).

“Semoga ajang silaturahmi disertai dialog kali ini muncul adanya kolaborasi, sinergitas dan kebijakan yang baik antara DMI dengan Pemad. Sehingga  masjid ini sebagai sumber dari berbagai sumber kehidupan. Misalnya menjadi sumber pendidikan, perekonomian, hingga sumber peradaban generasi baru dimasa yang akan datang,”tuturnya.

Ia menyampaikan, DMI Kabupaten Kuningan dapat meningkatkan eksistensi dengan inovasi baru dalam memakmurkan masjid serta  mushala, agar meningkat syiar Islam di Kabupaten Kuningan.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Pengurus DMI Kabupaten Kuningan yang telah menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dan melakukan dialog mengenai kemasjidan, yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan nilai moral keagamaan,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyematan pin  kepada Wakil Bupati Kuningan, Asda 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Kabag Kesra Setda Kabupaten Kuningan.(Emsul)

 

Related Articles

Back to top button