41.657 Pelanggan Perumda AM Tirta Jati Kabupaten Cirebon yang Kategori Teladan Diberi Reward
Suharyadi: Ada Puluhan Pelanggan Setiap Cabang yg Menerima, Penilaian Lebih ke Bayar Tepat Waktu
Pelanggan Teladan PDAM Arjawinangun Diberi Reward
CIREBON.(KacenewsID).- Para konsumen PDAM atau Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Jati Kabupaten Cirebon, khususnya di Cabang Arjawinangun belum lama ini diberi reward. Mereka para konsumen teladan yang setiap bulannya taat dan tepat dalam membayar tagihan air minum di perumda ini.
Seperti diketahui, jumlah pelanggan Perumda Air Minum Tirta Jati Kabupaten Cirebon seluruhnya mencapai 41.657. Dari jumlah tersebut, Cabang Arjawinangun paling banyak memiliki konsumen.
Menurut Kepala Cabang Arjawinangun Perumda Air Minum Tirta Jati Kabupaten Cirebon, H Bento Al Benif, pihaknya sengaja memberikan reward kepada para pelanggan teladan di wilayahnya. Penentuan pelanggan terbaik itu melalui proses penilaian di internal pihaknya terlebih dahulu.
“Ini tak lepas dari penilaian cabang terhadap pelanggan yang rutin membayar tagihan setiap bulannya. Proses seleksi nya pun panjang,” kata H Bento, Senin (23/1/2023).
Bahkan, kata dia, penilaian juga dilakukan selama satu tahun yang dilakukan secara internal. Konsumen tidak tahu. Jadi reward yang diberikan itu, kat dia, bagian dari surprise yang diberikan Perumda Air Minum Cabang Arjawinangun kepada para pelanggan.
“Penilaian konsumen terbaik itu dipilih dari 10 ribu pelanggan. Catatannya tidak ada yang nunggak. Selain itu, membayar tagihan di bawah tanggal 10. Proses penilaian pun dipersempit lagi, di tanggal 5,” katanya.
Dan tidak sampai di situ, kata Bento, dari tanggal 5 pihaknya klasifikasikan lagi, siapa yang pantas mendapatkan reward. Hasilnya, ada 10 konsumen teladan yang terpilih. Menurutnya, layanan Cabang Arjawinangun ini mencakup lima kecamatan yakni, Panguragan, Arjawinangun, Susukan, Palimanan dan Ciwaringin.
“Artinya, 10 pelanggan yang mendapat reward itu diantaranya mewakili masing-masing kecamatan. Bentuk apresiasi ini, pada intinya ingin memanjakan konsumen,” ungkapnya.
Jadi, kata dia, apa yang telah diberikan pihaknya kepada para pelanggan teladan terpilih itu, jangan dilihat nilainya. Setidaknya, lanjut dia, apa yang telah diberikan pihaknya itu bisa memberi motivasi kepada konsumen lainnya.
Sebagai Kepala Cabang, Bento mengakui, Cabang Arjawinangun banyak kekurangan pelayanan. Maka, untuk menutupi sah stu kekurangan itu dengan program pemberian reward kepada para pelanggan teladab tersebut. “Tapi, pada prinsipnya, motto saya tetap utamakan pelayanan,” katanya.
Ia juga menyadari, tidak sedikit pelanggan yang menunggak. Meski demikian, dengan SDM dan para staf yang ada di cabang, dirinya tetap semangat dalam melakukan penagihan. Cara itulah yang menurutnya, bisa mengurangi piutang yang ada
Bento pun menegaskan, program pemberian reward ini tidak ada hubungannya dengan PDAM pusat. Tetapi program itu inisiatif murni secara pribadi untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
“Intinya, saya tegaskan lagi, ingin memanjakan para konsumen teladan,” ungkapnya.
Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Jati Kabupaten Cirebon, Suharyadi mengapresiasi langkah Cabang Arjawinangun. Ia berharap, program yang diluncurkan tidak hanya di tahun ini. Tapi bisa berjalan di tahun berikutnya. Ia juga berharap, apa yang dilakukan Cabang Arjawinangun itu bisa ditiru cabang-cabang PDAM lainnya.
“Ya mudah-mudahan, inovasi yang dilakukan cabang Arjawinangun bisa diikuti cabang lainnya,” ujar Suharyadi.(Ismail/KC)